Hai hai hai.. Balik lagi bareng mimin sobat diksi..
Apa kabar nih.? Baik baik aja kan? Ya mimin harap begitu. Dimasa pandemi ini terus jaga kesehatan dan inget pesan ibu yaa. Okee kali ini mimin mau bawain artikel tentang MENGENAL LEBIH DALAM KONSEP IMK. Tanpa memperpanjang muqadimah langsung aja simak pembahasan berikut.
A. SEJARAH IMK
Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem.
Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya.
Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru.
Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar
perancangan antarmuka secara fisik.
Pengaplikasian IMK
- perkantoran
- otomatif
- penerbangan
- komunikasi
- dll
B. MENGAPA HARUS IMK
Tentunya akan timbul pertanyaan dari sobat diksi mengapa mempelajari Interaksi Manusia & Komputer di perlukan. Nah berikut beberapa alasannya :
- Saat ini teknologi komputer sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia (pervasive), sehingga interaksi dengan komputer harus intuitif dan jelas
- Keinginan manusia untuk mendapatkan kemudahan dalam menggunakan komputer untuk membantu pekerjaan manusia dalam menyelesaikan suatu persoalan.
- FPerubahan teknologi > sistem harus didesain sesuai kebutuhan dan kemampuan orang yang menggunakannya dan bersifat transparan
- Desain interface tidak hanya mempertimbangkan aspek fisik saja, tapi juga harus memperhatikan kemampuan dan keterbatasan manusia
C. TUJUAN IMK
- Menghasilkan sistem yang berguna dan aman.
- WYSIWYG (what you see is what you get)
- Mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna
- Memberikan feed-back yang diperlukan pengguna
- Membantu desainer dalam merancang sistem komputer yang user-friendly (ramah dengan pengguna)
D. KRITERIA USER FRIENDLY
- Memiliki tampilan yang bagus
- Mudah dioperasikan
- Mudah dipelajari
- Pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut
E. DISIPLIN ILMU IMK
Ada beberapa disiplin ilmu IMK, diantaranya sebagai berikut :
- Ilmu komputer (desain aplikasi & teknik human interface)
- Psikologi (aplikasi dan teori proses kognitif dan menganalisis perilaku user)
- Sosiologi & antropologi (interaksi antara teknologi, work, dan organisasi)
- Industrial design (produk interaktif)
- Teknik sipil (infrastruktur fisik)
- Teknik Mesin (robotika)
Nah sekian dulu artikel dari Sobat Diksi, tinggalkan saran dan kritik kalian dikolom komentar yaa,, terus pantengin blog ini untuk mendapatkan artikel artikel lainnya.
SEE YOU NEXT TIME.!! SALAM LITERASI.!!
SEE YOU NEXT TIME.!! SALAM LITERASI.!!
0 Komentar