Hai hai hai.. Balik lagi bareng mimin sobat diksi..
Apa kabar nih.? Baik baik aja kan? Ya mimin harap begitu. Dimasa pandemi ini terus jaga kesehatan dan inget pesan ibu yaa. Rasanya udah lama ya mimin ga upload artikel:v. Nah kali ini mimin kembali mau bawain artikel tentang APA AJA SIH PENGGUNAAN MULTIMEDIA DI KEHIDUPAN SEHARI. Tanpa memperpanjang muqadimah langsung aja simak pembahasan berikut.
A. DEFINISI MULTIMEDIA
Nah ada beberapa arti multimedia dari berbagai bahasa Latin seperti berikut ini :
- Multi - (Latin) “multus” memiliki arti banyak.
- Media - (Latin) “medium” - memiliki arti tengah atau belakangan ini sering disebut perantara.
- Multimedia – “multiple intermediaries” or “multiple means” memiliki arti beberapa perantara atau banyak arti.
Nah dari beberapa arti di atas dapat kita simpulkan bahwa Multimedia adalah kombinasi dari teks, foto, seni grafis, suara, animasi, dan elemen video yang dimanipulasi secara digital. Di dalam Produksi multimedia juga memerlukan kreativitas, kemampuan teknis, organisasi, dan bisnis.
B. KOMPONEN MULTIMEDIA
Di dalam Multimedia ada beberapa komponen yang mendukung seperti :
1. Teks
Teks adalah komponen dari multimedia yang penting untuk menyampaikan suatu informasi, karena teks komponen ini sederhana selain itu tidak memerlukan tempat penyimpanan yang banyak. Teks akan tersimpan dalam bentuk file, yang terdiri dari kata, kalimat dan paragraf/alinea. Tampilan teks dalam multimedia lebih dikenal dengan nama tipografi, yang merupakan bagian yang penting dalam pembuatan multimedia.
Teks tentunya sudah banyak dikenal, terutama bagi pengguna komputer teks merupakan bagian dasar dalam mengolah data serta untuk menyajikan informasi dalam multimedia kepada audiens yang bekerja cepat. Dikarenakan multimedia menyajikannya secara praktis dan efektif yang tidak membutuhkan membaca secara teliti.
2. Gambar
Gambar atau grafik akan mempermudah seseorang untuk memahami suatu informasi. Komponen yang satu ini juga memiliki peran penting dalam komponen multimedia. Karena gambar bisa menyajikan dan meringkas data secara kompleks serta mampu menyajikan kata yang mudah untuk di pahami.
Kebanyakan orang lebih tertarik kepada visual, karena itu gambar menjadi sarana yang tepat untuk menyajikan suatu informasi. Gambar pada publikasi multimedia akan menarik perhatian seseorang serta mengurangi rasa bosan dibandingkan dengan membaca full teks.
3. Audio / Suara
Audio/suara memiliki peran penting juga dalam multimedia untutk menyampaikan informasi. Jika tidak ada audio pada multimedia hasilnya kurang lengkap. Biasa dalam multimedia suara/audio dapat berupa music, voice recorder ataupun efek suara lainnya.
Audio digunakan untuk memperjelas atau mempertegas suatu informasi yang ingin disampaikan. Contohnya jika ditambahkan efek suara (sound effect, music, suara yang direkam) dalam suatu video akan menambah daya tarik serta karakteriktik dari gambar atau teks yang terdapat di dalamnya.
Authoring software pada multimedia harus bisa mengontrol playback dan recording. Ada beberapa bentuk file yang tersedia untuk audio seperti MP3, AIFF, AAC, ogg, wav dan wma.
4. Video
Video dalam multimedia ialah gambar yang berurutan, life video, serta full motion. Dimana live video diperoleh dari rekaman dari kamera. Yang dimaksud dengan full motion ialah di dalamnya terdapat teknik narasi, karakter yang di rekam dan disimpan sebagai video clip.
Authoring tool bisa menggunakan full motion video, misalnya hasul rekaman dari VCR yang bisa menghasulkan gambar bergerak, selain itu kualitas gambar yang dihasilkan tinggi. Tujuan pembuatan video pada tampilan multimedia sama halnya dengan komponen audio yaitu agar hasilnya lebih menarik dan bagus.
5. Animasi
Kumpulan dari beberapa gambar yang disusun dan ditampilkan sedemikian rupa sehingga menghasilkan gambar hidup atau seperti bergerak disebut animasi. Animasi bergerak akan lebih mudah untuk dipahami dibandingkan gambar atau objek yang diam. Selain lebih menarik, animasi bergerak lebih komunikatif sehingga informasi yang disampaikan lebih mudah di mengerti.
Animasi digunakan untuk membantu menggambarkan/mengilustrasikan metode, menunjukkan suatu hal yang hidup atau aktif dan memperagakan model. Penggunaan animasi saat ini sudah sangat luas digunakan.
Proses pembuatan animasi sendiri cukup sulit karena hanya orang-orang yang mahir dalam bidangnya, butuh pengalaman yang baik untuk membuatnya. Jika dibandingkan dengan fungsinya yaitu bersifat membangun imajinasi seseorang tentu saja merupakan hal yang seimbang.
Dalam pembuatan animasi dengan kualitas standar dengan frame memerlukan sekitar 25 frame perdetik. Saat pergantian frame-frame tersebut penonton akan melihat animasi bergerak. Cara pembuatan frame animasi bisa digunakan dengan manual,fotografi, lukisan (drawing), dan bisa dengan komputer.
C. PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI
Nah setelah kita mengetahui Definisi dan Komponen Komponen dalam Multimedia, saatnya sekarang kita masuk dalam pembahasan inti yaitu kegunaan Multimedia dalam kehidupan kita.
Saat ini Multimedia sangat dibutuhkan di berbagai bidang untuk mempermudah suatu pekerjaan. Penggunaan dapat di bagi menjadi beberapa bidang, diantaranya :
- Bisnis, pada bidang ini sangat membantu para pekerja bisnis dalam pekrjaannya seperti memasarkan, dalam rapat dan lain sebaginya.
- Rumah, pada bidang ini banyak multimedia yang daoat digunakan seperti adanay televisi yang dapat menghibur.
- Sekolah, pada bidang sekolah sangat membantu para pengajar untuk memberikan suatu pelajar kepada muridnya seperti untuk menampilkan animasi agar pada kelas tersebut para murid tidak merasa boring.
- Industry Kreatif, pada bidang ini multimedia sangat berperan untuk memajukan industry industri kreatif kreatif saat ini.
- Umum, pada bidang ini dapat kita ambil contoh sosial media seperti Instagram, facebook, twiter dan banyak lagi.
- Hiburan dan Seni Rupa, pafda bidang ini multi media berperan untuk menghibur para pengguna seperti film, game, dan lain sebaginya.
- Pendidikan, pada bidang ini terdapat beberapa aplikasi yang dapat membantu para siswa belajar mandiri. Dimana setiap aplikasi memiliki kelebihannya masing – masing.
- Jurnalisme, pada bidang ini jurnalis menggunakan multimedia sebagai narasumber, sebagai tempat ia menulis, dan lain sebagainya.
- Teknik, pada bidang ini telah banyak menggunakan multi media untuk memudahkan pekerjaan seperti sudah adanya aplikasi menghitung jarak hanyak dengan menggunakan kamera, dan masih banyak lagi.
- Industri, pada bidang ini Multimedia digunakan sebagai cara untuk menyajikan informasi untuk membantu pemegang saham, rekan kerja dan juga untuk memberikan pelatihan karyawan, periklanan dan penjualan produk di seluruh dunia hampir tak terbatas melalui web berbasis teknologi.
- Matematika dan Penelitian Ilmiah, pada bidang ini multimedia digunakan terutama untuk modelling dan simulasi.
- Kesehatan, pada bidang ini multimedia digunakan untuk mempermudah para pasien dan para dokter.
- Disabilitas, pada bidang ini multimedia digunakan untuk mempermudah para penyandang disabilitas.
Nah sekian dulu artikel dari Sobat Diksi, tinggalkan saran dan kritik kalian dikolom komentar yaa,, terus pantengin blog ini untuk mendapatkan artikel artikel lainnya.
SEE YOU NEXT TIME.!! SALAM LITERASI.!!
SEE YOU NEXT TIME.!! SALAM LITERASI.!!
0 Komentar