Ticker

6/recent/ticker-posts

10 Strategi yang kalian perlukan ketika menggunakan Internet Marketing


Hai hai hai.. Balik lagi bareng mimin sobat diksi.. 

Apa kabar nih.? Baik baik aja kan? Ya mimin harap begitu. Dimasa pandemi ini terus jaga kesehatan dan inget pesan ibu yaa. Okee kali ini mimin mau bawain artikel tentang PENGGUNAAN INTERNET MARKETINGTanpa memperpanjang muqadimah langsung aja simak pembahasan berikut.







Nah Disini mimin mau ngasih tau 10 Strategi  yang kalian perlukan ketika menggunakan Internet Marketing. Berikut ini adalah 10 taktik yang akan Anda pelajari di artikel ini:
  1. Ciptakan Website
  2. Buat Blog
  3. Datangkan Traffic dengan SEO
  4. Iklankan Situs di Hasil Pencarian dengan SEM
  5. Terapkan Email Marketing
  6. Lakukan Guest Blogging
  7. Bangun Komunikasi dengan Social Media Marketing
  8. Manfaatkan Google Bisnisku
  9. Lakukan Affiliate Marketing
  10. Bekerjasama dengan Influencer

1. Ciptakan Website

Teman teman yang sudah mencoba internet marketing, pasti memulainya dari mempromosikan bisnis di media sosial. Ini tidak salah. Lagipula, media sosial memang salah satu sarana dalam pemasaran di dunia maya.

Namun, online presence utama yang perlu Anda miliki adalah website. Mengapa? Menurut sebuah riset yang dilakukan Verisign, 84 persen konsumen lebih percaya pada bisnis yang memiliki website. Dari segi fungsi, website juga lebih fleksibel dari sarana pemasaran lainnya. Anda dapat membuat situs sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, bagi temen temen yang ingin membuka butik online dapat menggunakan situsnya sebagai etalase.  Sama halnya jika Anda seorang desainer grafis atau fotografer. Karena jasa dan kreatifitas Anda dituangkan dalam bentuk visual, website Anda dapat diatur agar menjadi sebuah portofolio.

Nah, apakah membuat situs sendiri susah? Belum tentu. Dengan content management system (CMS) seperti WordPress, tanpa keahlian teknis pun temen temen dapat menciptakan dan mengelola website.

2. Buat Blog

Anda mungkin mengenal blog sebagai sarana untuk hobi atau membuat jurnal. Akan tetapi, platform ini pun dapat digunakan dalam internet marketing. Dalam dunia pemasaran, memiliki blog dapat memberikan beberapa manfaat untuk bisnis Anda.

Pertama, traffic atau pengunjung situs bisnis Anda dapat bertambah. Sebuah riset menunjukkan bahwa usaha yang memiliki blog dapat meningkatkan jumlah pengunjung situsnya sebesar 55 persen. Ini berkaitan dengan manfaat kedua, yaitu mendatangkan leads atau prospek bisnis. Pengunjung blog belum tentu langsung tertarik dengan produk atau layanan Anda. Namun, Anda dapat mulai membangun relasi melalui konten. Apabila blog Anda menawarkan artikel-artikel yang bermanfaat bagi para pengunjung, dijamin mereka akan tertarik untuk mengikutinya.

Nah, pada titik ini Anda dapat memulai hubungan timbal balik dengan mereka. Caranya dengan menawarkan pengunjung untuk berlangganan konten melalui email. Dengan ini, pengunjung dapat membaca artikel Anda langsung dari email, dan Anda mendapatkan alamat email mereka.

Manfaat blog yang ketiga adalah berinteraksi dengan pengunjung. Setelah menerbitkan artikel untuk blog, Anda tidak boleh diam saja. Anda juga perlu merespons komentar-komentar yang diberikan oleh pembaca. Melalui perbincangan di kolom komentar, Anda telah meningkatkan citra bisnis pula.

Dengan manfaat-manfaat tersebut, blog sudah menjadi salah satu kanal pemasaran wajib jika Anda ingin sukses di pasar online.

3. Datangkan Traffic dengan SEO


Agar situs dan blog Temen temen dapat ditampilkan di Google, kalian perlu menerapkan SEO atau search engine optimization. Dalam melakukan SEO,  perlu memenuhi berbagai faktor agar situs atau blog teroptimasi untuk mesin pencarian.

SEO sendiri dibagi menjadi dua, yaitu on-page dan off-page SEO. Masing-masing terdiri dari beragam teknik. On-page SEO, misalnya, adalah teknik-teknik optimasi yang dilakukan di dalam halaman atau konten Anda. Beberapa contohnya adalah optimasi keyword, internal linking, serta penggunaan heading dan subheading. Di sisi satunya, off-page SEO merupakan kumpulan teknik optimasi yang dilakukan dari luar halaman atau konten Anda. Ini meliputi link building, listing bisnis, dan share link situs atau artikel blog di media sosial.

Namun, perlu Anda ingat bahwa hasil dari optimasi mesin pencarian tidak akan terlihat dalam waktu dekat. Keuletan dan kesabaran adalah kunci utama dalam SEO.


4. Iklankan Situs di Hasil Pencarian dengan SEM

Pada dasarnya, SEM dan SEO sama-sama bertujuan untuk menampilkan website atau blog di halaman pertama hasil pencarian. Namun, proses kedua strategi ini berbeda. Dalam SEO, kalian berusaha meningkatkan visibilitas website atau blog dengan memenuhi berbagai kriteria optimasi. Lain halnya dengan SEM. Strategi ini tidak meliputi faktor-faktor rumit, tapi Anda harus mengeluarkan biaya.

Dalam SEM, Anda perlu melakukan riset kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Gunakanlah tool keyword research seperti Ubersuggest untuk melakukan ini. Kemudian, Anda membayar kepada Google agar menampilkan iklan situs pada setiap hasil pencarian dengan kata kunci yang telah Anda tentukan. Jadi, link website Anda dengan mudah muncul di bagian paling atas halaman pertama Google dengan membayarnya.


5. Terapkan Email Marketing

Beberapa orang beranggapan bahwa email adalah kanal marketing yang sudah ketinggalan zaman. Apalagi, media sosial sekarang lebih sering digunakan khalayak umum untuk berkirim pesan. Tapi jangan salah sangka. Riset yang dilakukan oleh McKinsey and Company menunjukkan bahwa email 40 persen lebih efektif daripada Facebook dan Twitter sebagai kanal pemasaran. Setidaknya ada tiga alasan yang membuat email marketing masih relevan. Pertama, 73 persen konsumen menyatakan lebih menyukai komunikasi dengan bisnis melalui email.

Kedua, email memungkinkan Anda untuk menciptakan kampanye marketing yang lebih personal untuk setiap segmen pasar Anda. Ditambah lagi, Anda dapat menuliskan nama calon konsumen atau pelanggan sebagai sapaan. Ini akan membuat penerima email merasa lebih istimewa.

Ketiga, pemasaran melalui email memiliki return of investment (balik modal) sebesar 3.800 persen. Artinya, untuk setiap Rp 10.000 yang dikeluarkan untuk email marketing, pendapatan Anda sebesar Rp 380.000.

.

6. Lakukan Guest Blogging

Tadi kami memang sudah membahas sedikit tentang off-page SEO. Namun, ada satu aspek penting di dalamnya yang memerlukan pembahasan tersendiri, yaitu guest blogging. Pada dasarnya, guest blogging adalah aktifitas di mana Anda menulis artikel untuk blog orang atau bisnis lain. Lalu, mengapa strategi ini penting untuk internet marketing?

Jawabannya tentu tidak jauh dari SEO. Dua faktor yang ditentukan oleh Google agar situs Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian adalah page authority dan domain authority. Dengan kata lain, semakin tinggi angka kedua faktor tersebut, semakin tinggi juga kemungkinan situs Anda tampil di halaman pertama Google.

Nah, Anda perlu mendapatkan backlink dari banyak situs atau blog lain untuk meningkatkan angka tersebut. Backlink adalah tautan website Anda yang diletakkan pada situs lain.Backlink sendiri bisa didapatkan melalui dua cara: bertukar link dengan pemilik website lain atau melakukan guest blogging.

Namun, Anda perlu memperhatikan page dan domain authority situs yang ingin diprospek untuk guest blogging. Sebenarnya tidak ada salahnya untuk membidik website yang angkanya rendah. Akan tetapi, mendapatkan backlink dari situs atau blog ber-authority tinggi akan meningkatkan angka website Anda dengan pesat.

7. Bangun Komunikasi dengan Social Media Marketing

Pemasaran melalui media sosial mungkin terlihat paling sederhana di antara strategi internet marketing lain di artikel ini. Akan tetapi, Anda tidak boleh melakukannya secara asal-asalan.

Agar Anda dapat memaksimalkan potensi kanal-kanal media sosial untuk pemasaran, ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Pertama, ketahui platform apa yang sering digunakan oleh target pasar Anda. Jika tidak, sama saja usaha marketing Anda sia-sia.

Cara yang cukup mudah untuk mengetahui letak target pasar adalah memperhatikan kompetitor. Apabila akun bisnis milik kompetitor di suatu platform media sosial memiliki banyak audiens, Anda dapat memasarkan di situ.

Kedua, Anda perlu menentukan tujuan yang jelas dan fokus social media marketing. Misalnya, Anda ingin menggunakan Instagram untuk mengenalkan bisnis terhadap target pasar. Dengan demikian, Anda perlu mengurangi promosi dan memperbanyak konten yang menunjukkan citra bisnis Anda.

Ketiga, ketahui waktu yang tepat untuk posting konten. Keuntungan dari media sosial adalah adanya komunikasi dua arah secara real time. Misalnya melalui kolom komentar. Namun, Anda perlu tahu kapan target audiens menggunakan media sosial.


8. Manfaatkan Google Bisnisku

Keuntungan utama dari Google Bisnisku adalah Anda dapat menampilkan informasi-informasi penting tentang usaha Anda, di antaranya:
Nama bisnis
  1. Alamat
  2. Nomor telepon
  3. Alamat email
  4. Alamat website
  5. Jam operasional
  6. Foto-foto bisnis

Oleh karena itu, target pasar Anda dapat memberikan ulasan dan meninggalkan pertanyaan di halaman deskripsi bisnis Anda. Tentunya ini juga dapat digunakan sebagai sarana komunikasi Anda dengan mereka.

9. Lakukan Affiliate Marketing

Meskipun strategi internet marketing dapat membantu Anda, tidak dapat dipungkiri bahwa pemasaran secara online tidak mudah. Apalagi jika bisnis Anda terbilang baru. Untungnya, Anda dapat memanfaatkan affiliate marketing untuk menggandeng pelanggan sebagai agen pemasaran.

Dalam strategi marketing ini, Anda dapat memberikan link referral pada anggota program afiliasi Anda. Link referral ini kemudian perlu mereka letakkan pada konten website, blog, video, atau media sosial. Setiap ada yang membeli produk atau jasa Anda melalui tautan tersebut, anggota program afiliasi akan mendapatkan komisi yang dapat dicairkan secara berkala.

Nah, agar program afiliasi berjalan dengan baik, Anda disarankan untuk membidik orang-orang yang biasa membuat konten. Contohnya blogger dan YouTuber. Tak hanya itu, anggota program afiliasi Anda juga harus berasal dari industri yang sama dengan bisnis Anda. Apabila tidak, mereka tidak akan memahami produk atau layanan Anda. Alhasil, mereka tidak dapat memasarkannya dengan benar.


10. Bekerja Sama dengan Influencer

Setidaknya ada tiga kategori influencer, yaitu:

  • Influencer mikro adalah orang-orang yang memiliki jumlah pengikut kurang dari 10 ribu. Meski demikian, influencer mikro biasanya menyasar audiens dengan niche yang spesifik. Apabila bisnis Anda memang memiliki target pasar dengan lingkup yang kecil, influencer mikro dapat dijadikan opsi.
  • Influencer makro adalah influencer dengan jumlah pengikut lebih dari 100 ribu. Dengan follower berjumlah banyak, influencer makro adalah pilihan jika Anda ingin audiens pemasaran yang lebih luas. Ditambah lagi, bekerjasama dengan influencer kategori ini dapat memberikan kesan eksklusif pada brand Anda.
  • Influencer premium adalah pesohor dengan pengikut berjumlah jutaan. Influencer dalam kategori ini tentunya memiliki jangkauan pemasaran yang sangat luas.
Nah sekian dulu artikel dari Sobat Diksi, tinggalkan saran dan kritik kalian dikolom komentar yaa,, terus pantengin blog ini untuk mendapatkan artikel artikel lainnya.
SEE YOU NEXT TIME.!! SALAM LITERASI.!!

Posting Komentar

0 Komentar