Ticker

6/recent/ticker-posts

MENGENAL APA ITU INTERNET MARKETING

 Hai hai hai.. Balik lagi bareng mimin sobat diksi.. 

Apa kabar nih.? Baik baik aja kan? Ya mimin harap begitu. Dimasa pandemi ini terus jaga kesehatan dan inget pesan ibu yaa. Okee kali ini mimin mau bawain artikel tentang INTERNET MARKETINGTanpa memperpanjang muqadimah langsung aja simak pembahasan berikut.




Pengertian Internet Marketing

Nah, temen temen sobat diksi tentu sudah tidak asing lagi dengan kegiatan jual beli online bukan? Itulah yang dinamakan dengan internet marketing yakni strategi memasarkan dan mengiklankan produk lewat internet dengan tujuan promosi, meningkatkan volume penjualan, serta memengaruhi konsumen untuk membeli suatu barang/jasa.

Di era digital seperti sekarang, internet marketing memang dianggap sebagai metode berjualan yang paling efektif dan menguntungkan dibandingkan dengan marketing tradisional. Selain lebih praktis, jangkauan pemasaran online marketing bisa lebih luas. Dengan cara-cara yang tepat, penjual bahkan bisa melakukan ekspansi bisnis sampai ke luar negeri.


Elemen-Elemen dalam Internet Marketing

Dalam internet marketing ada banyak elemen agar segala proses bisnis berjalan lebih efektif dan sukses, yaitu:
  1. Website
  2. E-commerce
  3. Artikel-artikel SEO
  4. Email marketing
  5. Search Engine Marketing (SEM)
  6. Social Media Marketing
  7. Systemize Follow-up
  8. Sales
Makin banyak elemen yang dipakai, makin besar peluang kesuksesan yang akan Anda raih. Namun, Anda tidak diharuskan menggunakan semua elemen di atas dalam sekali waktu. Pemanfaatan elemen marketing hendaknya disesuaikan dengan target dan situasi pasar.


Ciri-Ciri Internet Marketing

Konsep pemasaran secara digital (internet marketing) memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Tipe promosi lebih fleksibel dan terpencar, misalnya lewat artikel, update blog, status media sosial, twit, dan semacamnya
  2. Ruang lingkup promosi lebih luas, ditujukan untuk siapa saja dan di mana saja
  3. Komunikasi dengan konsumen lebih responsif dan terbuka (terlihat dari makin banyaknya e-commerce yang menyediakan layanan pelanggan 24 jam)
  4. Komunikasi banyak arah—baik penjual maupun pembeli sama-sama aktif mendiskusikan produk




Nah berikut beberapa konten marketing yang mimin sobat diksi rangkum

1. Posting & Artikel Blog

Salah satu jenis konten yang paling umum adalah posting dan artikel blog.Sebuah blog, khususnya, adalah platform konten yang hebat. Karena, memberi Anda dasar untuk banyak posting, halaman, dan konten yang semuanya mengarah ke situs Anda.

Pikirkan blog sebagai batang pohon. Posting blog pribadi Anda adalah cabang yang menjangkau ke sudut internet dan mesin pencari. Pengguna dapat menemukan cabang Anda dan mengikuti mereka, hingga ke halaman situs inti Anda. Itu memberi Anda kesempatan lebih besar pada lead dan penjualan.Penggemar, pengikut, dan pelanggan yang berdedikasi untuk acara, pelatihan, dan konsultasi mereka.

2. Infografis

Infografis adalah cara visual yang menyenangkan untuk menyajikan informasi yang berharga.Mereka menggunakan bagan, grafik, gambar, dan ilustrasi untuk menjelaskan konsep. Jenis konten ini mudah dicerna dan benar-benar dapat dibagikan. 

3. Studi Kasus

Bentuk konten lain yang populer dan efektif adalah studi kasus.Secara umum, studi kasus adalah pandangan mendalam pada beberapa tindakan yang diselesaikan merek atau bisnis Anda, yang memiliki hasil terukur untuk sukses.Biasanya, ini diterjemahkan menjadi sesuatu yang Anda capai untuk klien.

4. Podcast

Bagi Anda yang ngeri membayangkan menulis posting blog atau artikel mendalam atau studi kasus, ada media konten di luar sana untuk Anda.
Podcast sangat hebat.
Mereka mirip dengan cerita dan acara radio berita dahulu kala, kecuali orang-orang dapat mengunduhnya dan mendengarkan episode, bagaimanapun dan kapan pun mereka mau.Jika Anda seorang pembicara atau pewawancara yang baik, format konten ini dapat menjadi sangat bagus untuk berbagi informasi berharga dengan audiens Anda.

5. Video

Video adalah jenis konten terpanas saat ini.Statistiknya mengejutkan. Menurut Social Media Today: Pada 2021, vidio meraih 82 persen dari semua lalu lintas internet. Setiap hari, lebih dari 500 juta jam video dikonsumsi di YouTube

Sangat mudah untuk melihat mengapa video mendominasi.Video mudah dikonsumsi, menghibur, dan menarik bagi defisit rentang perhatian saat ini, dibandingkan website. 



Konsep Internet Marketing

Jadi, jika Anda sepenuhnya sudah siap untuk melangkah dalam konsep internet marketing.Anda harus menyukai gagasan untuk menjadi kreatif, berbagi nilai dengan prospek / audiens Anda, dan membangun loyalitas bisnis dan hubungan pelanggan secara organik.

Strategi Pemasaran Konten

Pemasaran konten tanpa strategi pada akhirnya akan gagal – itu adalah fakta yang menyedihkan.
Anda harus memiliki arahan, rencana, alat yang tepat, dan cara untuk mengukur kemajuan Anda, jika Anda ingin melangkah lebih jauh.

Berikut adalah dasar-dasar strategi pemasaran konten utama yang wajib:
  1. Tujuan! Ini sangat penting. Anda harus tahu ke mana Anda ingin pergi, dan seperti apa kesuksesan itu bagi Anda, sebelum Anda bisa menuju ke sana.
  2. Branding Anda dan Target Pemirsa. Saat Anda akhirnya mulai membuat konten, Anda harus tahu dengan siapa Anda berbicara. Dan menyesuaikan suara bisnis Anda agar menarik bagi mereka secara unik. Jika Anda tidak menargetkan audiens yang tepat (orang-orang yang akan bersandar untuk mendengar apa yang Anda katakan), Anda tidak akan menemukan kesuksesan. Dan, jika Anda tidak dapat menemukan cara untuk menonjol, Anda akan berbaur dengan gerombolan merek lain yang bersaing, untuk mendapatkan perhatian di industri Anda.
  3. Kata kunci dan Penelitian. Setelah Anda tahu mengapa dan siapa, Anda harus membahas caranya. Bagaimana Anda menjangkau audiens Anda? Apa yang ingin mereka pelajari, masalah apa yang perlu mereka selesaikan? Teliti kata kunci yang ditargetkan untuk ditemukan di hasil mesin pencari, dan temukan topik yang memiliki minat yang melekat pada audiens Anda sebelum Anda membuat konten apa pun.
  4. Fokus dan Komitmen Konten. Jenis konten apa yang akan Anda buat? Seberapa sering Anda memposting? Di mana Anda akan memposting? Anda harus memakukan fondasi ini. Sehingga, Anda dapat membuat konten dengan konsistensi dan kualitas.
  5. Pembuatan Konten. Setelah Anda memiliki topik, kata kunci, suara yang berbeda, dan audiens target, Anda dapat membuat konten. Namun, jika konten Anda tidak terlalu bagus, Anda membuang-buang waktu. Dapatkan bantuan, jika Anda membutuhkannya, habiskan waktu untuk mengubah dan menyempurnakan output Anda, dan selalu mengeluarkan konten terbaik yang Anda bisa.
  6. Promosi Konten. Konten Anda akan semakin efektif, jika Anda mempromosikannya dengan cara yang benar. Promosi bahkan lebih efektif, jika Anda berencana untuk menerbitkan karya Anda, menyusun strategi tentang penerbitan di blog Anda dan berbagi di media sosial, dan membangun komunitas pengikut yang dapat membantu mendorong keterlibatan Anda di atas.

SEO (Optimasi Mesin Pencari)


Ketika Anda menggunakan SEO dengan pemasaran konten, itu bisa membawa Anda lebih jauh, dan lebih lama.Kedua bagian ini, bersama-sama membantu meningkatkan jangkauan dan visibilitas organik Anda di internet.
SEO mencakup berbagai teknik yang membantu Anda mendapatkan tempat utama di halaman hasil mesin pencari (SERP). Ini berarti orang-orang dapat menemukan Anda hanya dengan mencari topik yang mereka minati atau butuh bantuan.
Tujuan menyeluruh dari SEO yang baik adalah untuk mendapatkan peringkat halaman situs Anda di halaman pertama Google. (Lagi pula, kebanyakan orang jarang, untuk klik halaman 2 untuk mencari informasi.).

Menerapkan Internet Marketingberikut yang harus dilakukan selanjutnya:

1. Pace Yourself & Set Goals

Memacu diri sendiri adalah hal yang penting untuk melakukannya dengan benar – jika tidak, Anda akan mulai memutar roda Anda, dan kejenuhan tidak akan terhindarkan.

2. Amankan Konten Anda ‘Home Base’

Untuk pembuatan konten, pengumpulan hasil, dan banyak lagi, Anda memerlukan pangkalan di web.Ini adalah:
  1. Di mana konten Anda akan hidup.
  2. Apa yang akan Anda tautkan ketika Anda membagikan konten Anda di sosial.
  3. Di mana Anda akan mengumpulkan arahan dari lalu lintas yang Anda tarik.
Jika Anda tidak memiliki website, mulailah memilih opsi. Membuat sendiri? Atau menggunakan layanan jasa pembuatan website profesional.

Jika Anda memiliki website, pastikan situsnya dioptimalkan, ramah pengguna, dan dikelola dengan mengikuti praktik terbaik SEO. Kami menyediakan layanan pengembangan website dan jasa CEO Profesional.

3. Mulai Strategi

6 Kunci, Langkah-Langkah yang Dapat Ditindaklanjuti untuk internet marketing/ pemasaran konten;
  1. Penelitian khalayak target dan pengembangan kepribadian merek
  2. Riset kata kunci dan riset peluang SEO
  3. Ideasi topik dan perencanaan konten
  4. Membuat / menulis / memproduksi konten
  5. Pembangunan dan pemeliharaan komunitas
  6. Berbagi dan mempromosikan konten di saluran sosial

Nah sekian dulu artikel dari Sobat Diksi, tinggalkan saran dan kritik kalian dikolom komentar yaa,, terus pantengin blog ini untuk mendapatkan artikel artikel lainnya.
SEE YOU NEXT TIME.!! SALAM LITERASI.!!

Posting Komentar

1 Komentar